Tips Mengganti Fuel Filter

Pernahkan teman teman mendengar himbauan dari Distributor ketika kita mengganti filter harus diisi dari samping, tidak boleh dari tengah? Kenapa sebenarnya? Oke guys mari kita bahas beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan Fuel filter.

1.Lumasi Oring pada filter

Jangan lupa untuk melumasi tipis o-ring pada bibir filter, tujuannya apabila sudah lama terpasang oring menjadi lengket antara bibir filter dengan mounting. Jika langkah ini tidak dilakukan bisa berakibat filter akan keras dan susah ketika akan dilakukan penggantian di periode service berikutnya.

2. Isi filter sebelum dipasang.

Sebelum dilakukan pemasangan filter hal yang harus diperhatikan adalah, isi filter dengan fuel, tujuannya apa? agar ketika unit dihidupkan tidak ada keterlambatan supai fuel yang bisa berakibat masuk angin. Nah untuk pengisian ini ada hal yang harus diperhatikan yaitu pengisian fuel harus dari sisi samping (A).

Tujuannya yaitu agar fuel yang masuk tersebut tetap melalui proses penyaringan, agar engine aman. Untuk beberapa unit HPCR tidak mengijinkan pengisian Filter High pressure dengan metode ini. Jadi pastikan sesuai petunjuk buku panduan ya guys.

3. Kencangan Filter sesuai petunjuk.

Nah umumnya filter memberi petunjuk seberapa kuat kita harus mengencangkan filter seperti gambar dibawah

pada bodi filter seperti pada tanda lingkaran merah, memiliki pengertian sbb:

a. Putar filter sampai bibir filter (O-Oring) menyentuh mounting pada engine (rasakan pada saat memutar menggunakan tangan).

b. Pada tanda ke 2 tertera tulisan 3/4 -4/4 artinya setelah bibir filter menyentuh mounting maka tambahkan putaran 3/4 sampai dengan 4/4 (Satu putaran).

nah begitu tips dan trik pengencangan Filter ya guys, semoga bermanfaat.