Water In Fuel Sensor (WIF)

Dulu pada sejumlah alat berat untuk memisahkan antara air dan fuel menggunakan Water Sparator, yaitu hanya sebuah gelas yang terpasang in line dengan jalur fuel system atau bahkan biasanya disatukan dengan filter dan diletakan dibawah filter. Saat ini untuk mengoptimalkan kerja mesin dan mempercepat mendeteksi kandungan air di jalur fuel maka Pabrikan melengkapi Sesnosor di Water sparator, atau biasa orang mengenal dengan sensor WIF Water In Fuel, sensor ini diletakan dibagian bawah water sparator, berikut gambarnya (Sensor dibagian bawah, dengan kabel koneksi dan kabel hitam).

Filter dan Water In Fuel

Sensor ini bekerja hanya dengan 2 kondisi On (Terhubung/ada air) atau Off (terputus/tidak ada air) berikut gambar sensor nya.

Water In Fuel Sensor

Sensor ini bekerja pada saat sparator terdapat air maka sensor ini akan mengirimkan signal ke Monitor panel, jika ini terjadi maka monitor panel akan menyalakan indikator berikut.

Monitor Panel

Jika indikator nomor 6 menyala itu tandanya terdapat air di water sparator, pada saat itulah air harus di buang. cara membuangnya yaitu dengan cara mengendorkan baut yang ada dibagian bawah water sparator. semoga tulisan ini bermanfaat.